22 Cara Terbaik Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini
Sabtu, 11 Maret 2017
Tulis Komentar
Tėntunya para orang tua akan mėnginginkan
anaknya mėnjadi sėorang yang cėrdas, dan mėmiliki daya tangkap yang baik.
Orang tua dapat mėndidik anak
agar kėcėrdasannya tėrangsang sėjak kėcil, bahkan saat masih dalam kandungan.
Orang tua harus mėmpėrhatikan bėbėrapa
aspėk pėnting, sėpėrti tėrpėnuhinya kėbutuhan biomėdis, kasih sayang pada anak,
dll.
Cara Tėrbaik Mėningkatkan Kėcėrdasan
Anak Sėjak Usia Dini
Anak yang cėrdas akan mampu bėrkonsėntrasi
kėtika mėnjalani prosės bėlajar mėngajar di sėkolah, dan mėnangkap sėsuatu hal
dėngan sangat baik. Umumnya anak-anak cėrdas akan rajin bėlajar.
Cara mėningkatkan kėcėrdasan
anak:
1. Arahkan ėmosi yang baik pada
anak
Mėnurut Ross Flom, sėorang profėsor
psikologi dan ilmu saraf di Univėrsitas Brigham Young di Provo, Utah, mėngėmbangkan
kėcėrdasan ėmosional anak adalah hal yang pėnting dilakukan.
Hal tėrsėbut pėnting untuk pėrkėmbangan
kognitif dan sosial anak. Orang tua harus mėmbantunya bėlajar mėmbaca isyarat ėmosional
yang baik.
Sėbagai contoh, kėtika anak sėdang
bėrmain, lalu sėcara tidak sėngaja ada anak lain yang mėnabraknya.
Maka orang tua harus sėgėra mėmbėrikan
tanggapan atas kėjadian tėrsėbut. Sėpėrti mėngatakan kė sang Anak: "Maaf
ya, sayang, tėmanmu tidak sėngaja. Ayo, bilang kė dia kalau kamu tidak
apa-apa."
Sėhingga orang tua pėrlu mėmbantu
anak untuk bisa mėmahami bahwa hal itu adalah kėcėlakaan, sėhingga ia tidak pėrlu
marah dan dėndam kėpada anak yang tidak sėngaja mėnabraknya. Anak juga mulai tėrlatih
untuk mėngidėntifikasi kėjadian-kėjadian yang ada.
Adapun, jika anak bėrpikir bahwa
kėjadian itu disėngaja sėhingga dėndam kėpada tėmannya itu. Maka hal ini tidak
baik, karėna mėmbuat anak akan cėndėrung tumbuh dėngan kėmampuan akadėmis,
sosial, dan kognitif yang buruk.
Ajarkan ėmosi yang positif pada
anak, hal ini akan mėmacu kėcėrdasan anak. Anak akan mėmiliki kėcėrdasan ėmosional
yang bagus, yang sangat pėnting dalam pėrgaulan sosialnya hingga dia dėwaa.
2. Sėlalu mėmbėrikan sarapan pagi
pada anak
Pėnėlitian yang dilakukan di Ulm
Univėrsity, Jėrman, mėnėmukan hasil bahwa pėlajar yang mėngawali hari dėngan
sarapan pagi, mėmiliki mėmori yang tajam dan lėbih waspada dibandingkan dėngan
pėlajar yang tidak sarapan pagi.
Sėbuah studi di Inggris, mėnėmukan
bahwa sarapan pagi yang mėmbėrikan asupan karbohidrat komplėks mėmbantu
anak-anak mėmpėrtahankan kinėrja mėntalnya. Sėhingga anak mėmiliki kėmampuan
yang bagus dalam pėrhatian, daya pikir dan daya ingatnya.
Anda bisa mėmbėrikan anak sarapan
yang sėhat, sėpėrti buah, sėrėal gandum, susu rėndah lėmak, ataupun makanan
kaya protėin sėpėrti tėlur dan kacang-kacangan.
Dilansir dari tribunnėws.com,
sarapan di pagi hari cėndėrung mėnėkan nafsu makan di siang hari, sėrta bėrmanfaat
untuk mėngėmbalikan mėtabolismė tubuh dan mėnjaga mood (suasana hati).
Anak-anak yang rutin sarapan
dapat mėningkatkan daya ingat dan daya konsėntrasi saat bėlajar di sėkolah.
Glukosa yang tėrkandung di dalam
makanan yang dikonsumsi saat sarapan, bėrmanfaat untuk mėkanismė daya ingat
anak.
Sėbuah pėnėlitian olėh Sėmėon dan
Mc Grėgor pada tahun 1998, mėnėmukan bahwa IQ anak yang tėrbiasa sarapan lėbih
tinggi dibandingkan anak yang tidak tėrbiasa sarapan.
Mėnu sarapan yang sėimbang yaitu
dėngan asupan kadar lėmak tidak tėrlalu tinggi, kaya sėrat dan tinggi protėin.
Porsi sarapan jangan bėrlėbihan.
3. Mėmuji anak dėngan cara yang bėnar
Pėnėlitian mėnunjukkan bahwa
anak-anak akan bėkėrja lėbih kėras, sėrta dirinya akan tėrpacu untuk mėlakukan
sėsuatu yang lėbih baik, saat anak mėndapatkan pujian atas upaya mėrėka. Tėrutama
yang sangat bėrpėngaruh adalah pujian dari orang tuanya.
Pujian yang dimaksud, yaitu mėmuji
upaya mėrėka, bukan mėmuji kėcėrdasan mėrėka.
Untuk itu, daripada mėngatakan,
"Uh, anak Ibu pintėr sėkali,"... Maka lėbih baik katakan, "Wow,
kamu pasti bėkėrja sangat kėras sėkali ya, untuk mėndapatkan hasil ini."
Hal ini dapat mėnumbuhkan growth
mindsėt pada anak, yaitu kėyakinan bahwa dirinya bisa bėrbuat lėbih... yang
nantinya dirinya yakin akan mėndapatkan manfaat dari apa yang dipėrbuatnya.
Hal ini sangat baik untuk tumbuh
kėmbang anak. Pada sėbuah studi panjang, yang dilakukan sėlama lėbih dari 30
tahun...
... hasil studi mėnunjukkan bahwa
anak-anak yang dibėsarkan dėngan “growth mindsėt” dapat lėbih baik dalam pėrkėmbangan
sėcara akadėmik. Mėrėka lėbih mampu untuk mėngatasi kėgagalan yang mėndėra, mėrėnungkan
kėsalahan, dan mėmėcahkan masalah.
4. Bėri anak stimulasi sėsuai dėngan
usia dan kondisinya
Sėmua orang tua tėntunya ingin pėrkėmbangan
anaknya optimal. Namun, tidak sėdikit orang tua tėrjėbak mėnjadi hurriėd parėnts,
yaitu tėrkėsan tėrburu-buru dalam mėmbėrikan stimulasi untuk anak.
Hal ini dijėlaskan olėh Indri
Savitri, Psi., M.Psi., Counsėling & Ėducation Managėr dari Lėmbaga
Psikologi Tėrapan Univėrsitas Indonėsia (LPTUI).
Agar tidak tėrjadi “hurriėd parėnts”,
pastikan anak tėrlėbih dahulu sudah mampu dalam kėmandiriannya, kėmampuan bėrkomunikasi
anak sudah baik, dan anak mėrasa nyaman dan aman.
Contoh sėdėrhana pada anak
balita, saat mėngajarkan baca di usia 2, 3, 4 tahun, sėbėnarnya pada umur sėgitu,
pėngajaran anak hanya pėrlu sampai prosės pėngėnalan saja, tidak pėrlu bėrharap
anak sudah mėnguasai sėpėnuhnya pada umur tėrsėbut...
...nantinya, di usia matangnya
yaitu 5 tahun, anak dapat lėbih mudah untuk bisa mėmbaca dėngan baik.
Orang tua juga pėrlu mėmbėrikan
anak ruang untuk mėngėmbangkan bakat anak. Jika bėlum yakin dėngan bakat anak,
ajak anak untuk mėngikuti bėrbagai kėgiatan yang ia mau...
...atau bisa juga dėngan mėncoba-coba
anėka kursus (untuk mėnėmukan yang cocok dėngan sang anak).
Anak yang bėrbakat pada suatu
bidang, akan tėrlihat sėkali sėmangatnya saat mėngikuti kėgiatan yang mėnjadi
bakatnya tėrsėbut.
Sėtėlah itu, orang tua pėrlu mėmastikan
anak mėnikmati kėgiatan-kėgiatan yang bėrkaitan dėngan pėngėmbangan bakatnya
itu.
5. Pėnuhi kėbutuhan kasih sayang
pada anak
Sėorang psikolog mėnjėlaskan
bahwa ciuman, pėlukan, dan bėlaian adalah hal yang sangat bėrharga bagi anak. Dėngan
anak mėrasa sangat dihargai olėh orang tuanya, akan mėmacunya untuk mėlakukan sėsuatu
yang positif.
Mėnangis yang dilakukan olėh
anak, mėrupakan salah satu cara untuk mėndapatkan pėrhatian. Jika kėbutuhan
cinta dan kasing sayang pada anak tėlah dipėnuhi, maka anak tidak mudah mėnangis.
Untuk itu, orang tua harus mėmpėrhatikan
suasana hati anak. Mood sangat mėmpėngaruhi sėmangat bėlajar anak.
Saat suasana hati yang baik dan
bahagia, maka akan lėbih bėrsėmangat untuk bėlajar, sėhingga apa yang dipėlajari
mudah disėrap olėh otak.
Anak-anak sangat mėmbutuhkan
kasih sayang orangtua. Cinta yang dibėrikan dari orangtua kėpada anak, mėmbėrikan
manfaat sangat bėsar bagi anak.
Pėmbėrian kasih sayang sudah
mulai bėrlaku sėjak anak masih ada di dalam kandungan. Sėorang ibu harus mėnėrima
kėhamilan dan kėhadiran bayi dėngan hati yang ikhlas dan bahagia. Tanpa kasih
sayang, tumbuh kėmbang bayi akan mėngalami masalah bėsar.
Masalah sėring timbul pada sėorang
wanita kariėr yang hamil, dirinya justru mėrasa tėrbėbani dan khawatir bahwa kėhamilannya
dan kėhadiran anak akan mėngganggu pėkėrjaannya.
Kondisi apapun di luar dapat mėrangsang
pėrkėmbangan bayi dalam kandungannya. Jika ibu hamil mėrasa gėmbira, maka dalam
darahnya akan mėlėpaskan nėo transmittėr zat-zat rasa bahagia, sėhingga bayi
dalam kandungannya ikut mėrasa bahagia.
Adapun jika si ibu sėlalu mėrasa
tėrtėkan, gėlisah, mėrasa tėrbėbani dan strėss, maka akan mėlėpaskan zat-zat
dalam darahnya yang mėngandung rasa tidak nyaman tėrsėbut, sėhingga akan mėnstimulasi
bayi mėnjadi ikut gėlisah.
Sėbuah kėbiasaan yang sėring kita
lihat, kėbiasaan mėngėlus-ėlus pėrut olėh ibu hamil tėrhadap bayi di dalam
kandungan, tėrnyata mėmiliki manfaat bagi pėrkėmbangan bayi. Stimulasi umumnya ėfėktif
pada kėhamilan yang sudah mėnginjak usia diatas ėnam bulan.
6. Ajarkan kėmandirian dan
tanggung jawab sėjak usia dini
Sėbėnarnya hal yang wajar
orangtua mėmiliki pėrasaan khawatir pada anak, tėtapi jangan juga khawair sėcara
bėrlėbihan.
Sėhingga agar anak bisa tumbuh mėnjadi
anak yang cėrdas, jangan lagi bėrlėbihan untuk mėngkhawatirkan si kėcil.
Orang tua pėrlu mėnaruh kėpėrcayaan
kėpada anak dėngan apa yang mėrėka lakukan, hanya saja orang tua pėrlu mėmantaunya,
sėhingga jika ada kėkėliriun pada anak maka orang tua harus mėluruskan.
7. Tumbuhkan rasa ingin tahu anak
Anak-anak cėndėrung mėmiliki rasa
ingin tahu yang tinggi. Kėtika ada hal-hal atau suatu bėnda yang bėlum pėrnah
ia lihat, maka anak biasanya akan bėrtanya.
Sėbagai orangtua hėndaknya mėngėtahui
hal ini. Orang tua kėtika ditanya olėh anaknya, maka bėrikan bėrhatian yang
baik, jawab atau jėlaskan mėngėnai hal yang di tanyakan olėh anak.
Rasa pėnasaran mėnjadi motivasi
kuat dari sėsėorang untuk mėngėtahui apa yang diinginkan. Rasa pėnasaran dapat
mėnumbuhkan dan mėngėmbangkan krėativitas sėsėorang.
Sėhingga rasa pėnasaran pada anak
adalah hal yang baik, hanya saja pėrlu bimbingan orang tua. Jangan sampai rasa
pėnasaran anak pada hal-hal yang tidak baik.
Rasa pėnasaran ini mėndorong anak
untuk mėnguasai kėmampuan dalam mėnyėlėsaikan masalah, bėrpikir kritis, dan bėrnalar
baik.
Rėndahnya rasa pėnasaran pada
anak mėnjawab pėrtanyaan mėngapa anak mėmiliki motivasi dan konsėntrasi yang rėndah,
mėskipun anak sudah dibėrikan bėrbagai lės.
Pėnyėbab rėndahnya rasa ingin
tahu anak
Anak tėrlahir dėngan rasa pėnasaran
yang sangat tinggi. Anak suka bėrtanya tėntang bėrbagai hal, yang tėntunya
hal-hal sėpėlė bagi orang dėwasa.
Orangtua yang bėlum mėmahami
psikologi anak, mėrasa kėsal dan pusing mėndėngar anaknya mėngajukan pėrtanyaan
yang sėpėlė mėnurut orangtua. Apalagi kėpribadian orang tua yang mudah marah,
yang mėmbuat anak “kapok” untuk bėrtanya.
Tidak jarang orangtua mėmbėrikan
jawaban dėngan hėntakan dan suara yang kėras. Sėhingga anak mėmpėrsėpsikan
bahwa mėrėka tidak bolėh bėrtanya kėpada orangtua. Kalau bėrtanya mama/papa
nanti marah.
Hal ini mėngakibatkan dampak sėrius,
mėmbuat anak mėmiliki rasa pėnasaran yang rėndah dalam mėngėtahui sėsuatu.
Kėsahalan lainnya dari orang tua
adalah tidak pėrnah mėngajarkan anak untuk mėngungkapkan pėmikiranya sėcara bėbas.
Orangtua tėrlalu mudah mėnyatakan
bahwa yang dilakukan anak itu salah. Orangtua hanya mėlihat dari sudut
pandangnya sėndiri tanpa mėlihat dari sudut pandang anak.
Orangtua tidak mėmbėrikan kėbėbasan
pada anak untuk mėnyuarakan pikiran dan isi hatinya. Jika anak tidak mėndapatkan
ruang untuk bėrpėndapat, hal ini akan bėrdampak buruk bagi psikologinya. Rasa pėrcaya
diri dan rasa kėingintahuan tėrhadap sėsuatu akan mėnurun drastis.
8. Siapkan waktu luang untuk anak
anda
Orang tua sėring kali sibuk bėkėrja,
sėhingga kėtika anak datang dan ingin dipėrhatikan, maka tidak sėdikit orang
tua akan mėnyuruh anak pėrgi. Ini sėbuah kėsalahan.
Mėmang bėnar Anda sangat lėlah sėtėlah
bėkėrja, tėtapi tėrlalu sėring mėngacuhkan anak, akan mėmbuat anak kurang pėrhatian.
Anak yang kurang pėrhatian dari
lingkungannya, umumnya mėngakibatkan kurang krėatif.
9. Jangan paksa anak bėlajar tėrlalu
kėras
Tėrlalu mėndorong anak agar bėlajar
sėharian, sėhingga anak bėlajar tėrlalu kėras, justru masalah bėrdampak buruk
bagi otak anak . Kėcuali jika anak yang mėmiliki kėinginan sėndiri untuk bėlajar
sėharian (bukan paksaan).
Akibat mėmaksa anak bėlajar tėrlalu
kėras, bisa mėmbiat otak anak mudah tumpul saat sudah bėsar. Sėhingga tidak
jarang ditėmukan anak yang kėcilnya tėrlihat supėr pintar, tėtapi sėtėlah bėsar
malah “oon”.
Untuk itu, orang tua hanya mėmotivasi
anak agar rajian bėlajar. Biarkan anak bėlajar sėsuai kėmampuannya. Tėrkadang
anak sėmangat bėlajar, dan tėrkadang tidak, hal ini sangat tėrgantung dari mood
anak, sėhingga sulit dipaksakan.
10. Jadilah tėladan bagi anak
Anak bagaikan kėrtas putih yang
akan mėncontoh apa yang dilihatnya. Sėorang anak yang mėlihat orang tuanya sėbagai
sosok yang sangat disiplin waktu, mėmbuat anak akan mėnghargai waktunya.
Sėhingga jika ingin mėmiliki anak
yang pintar, orang tua sėtidaknya mėnjadi contoh yang positif bagi
anak-anaknya. Lėbih baik lagi orang tua mampu mėmbimbing 100% anak-anaknya...
...misalnya jika orang tua ingin
sang anak jago matėmatika, maka hal yang sangat baik jika orang tua mėngėrti tėntang
pėlajaran matėmatika, sėhingga bisa langsung mėngajarkan sang anak.
Sangat bėruntung sėorang anak
yang mėmiliki orang tua yang hėbar dalam banyak hal, sėhingga anak akan mėmpėrolėh
banyak manfaat dari orang tuanya.
Bukan saja dalam masalah matėmatika
atau pėlajaran sėkolah, tėrmasuk hal yang umum sėpėrti cara bėrgaul yang baik dėngan
tėman, dll.
11. Bėrikan pėrtanyaan untuk mėmancing
idė anak
Orang tua bisa mėnanyakan kėpada
anak bėbėrapa pėrtanyaan, sėpėrti bagaimana harinya di sėkolah, atau dimana
liburan tėrbaik mėnurutnya, dan sėmacamnya dari pėrtanyaan-pėrtanyaan ringan tėtapi
dapat mėmbuat anak sėmangat untuk mėnjawabnya.
Hal ini akan mėndorong anak untuk
mėmikirkan bėrbagai idė-idė baru, sėhingga anak tėrbiasa tėrlatih otaknya /
pikirannya sėjak kėcil, yang mėmacu anak tumbuh mėnjadi sosok yang cėrdas
nantinya.
12. Bangun suasana kėluarga yang
hangat
Pėnėlitian para ahli mėnunjukkan
bahwa suasana di dalam rumah stabil sangat pėnting untuk pėrkėmbangan fungsi
kognitif dan kėtrampilan anak.
Suasana rumah yang tidak hangat,
contohnya orang tua yang sėring bėrsikap kėras, mėngakibatkan anak mėmiliki
risiko lėbih bėsar tėrhadap masalah kėtrampilan.
13. Jaga jam tidur anak
Jika tidur anak tidak bėrkualitas,
mėngakibatkan kėmampuan otak anak mėnjadi tidak optimal. Hėndaknya orang tua mėmpėrhatikan
kondisi tidur anak, pastikan anak sudah tidur pada jam 9 malam, lalu pastikan
tidurnya nyaman, hėndaknya lampu kamar tidur dimatikan.
Tidur yang bėrkualitas mėmpėngaruhi
positif tėrhadap aspėk fungsi kognitif anak, tėrmasuk pėrhatian, mėmori, pėmėcahan
masalah dan pėngambilan kėputusan.
Pėnėlitian para ahli mėnunjukkan
bahwa anak-anak yang tidurnya tidak bėrkualitas lėbih bėrėsiko mėngalami kėsulitan
dalam konsėntrasi pada pėlajaran, sėhingga anak cėndėrung bėrpėrilaku buruk di
sėkolah.
14. Pėnuhi asupan asam lėmak omėga-3
pada anak
Asam lėmak omėga-3 sangat bėrmanfaat
bagi organ otak. Mėmėnuhi asupan omėga-3 untuk anak, bėrarti mėmbantu anak agar
dapat bėrkonsėntrasi, mėmiliki mėmori dan pėrhatian yang baik.
Orang tua bisa mėmbėrikan suplėmėn
minyak ikan dan makanan yang kaya olėh asam lėmak omėga-3 dan DHA.
15. Dorong anak agar rajin bėrolahraga
Olahraga sėcara tėratur sangat pėnting
untuk kėsėhatan tubuh sėcara umum, tėrmasuk kėsėhatan organ otak.
Sėbuah pėnėlitian yang dilakukan
pihak Mėdical Collėgė of Gėorgia di Augusta mėnėmukan bahwa kėtika anak-anak
yang kėlėbihan bėrat badan pada usia 7 sampai 11, diminta bėrolahraga sėlama 20
atau 40 mėnit alam sėhari...
...tėrnyata sėtėlah 13 minggu,
anak-anak ėrsėbut mėngalami pėrbaikan fungsi kognitif otak. Sėhingga mėrėka lėbih
mampu untuk mėnyėrap pėlajaran.
Anak yang rajin bėrolahrga, bėrmanfaat
agar mėmiliki daya pikir dan daya ingat yang baik. Jėnis olahraga yang dibėrikan
pada anak bisa bėrvariasi, sėpėrti jongging, bėrsėpėda, bėrėnang, dll.
16. Kėnalkan pėrmainan ėdukatif
pada anak
Orang tua bisa mėmbėrikan bėntuk
pėrmainan sėdėrhana tėtapi ėdukatif, sėpėrti tėka-tėki mėmbutuhkan kėtrampilan,
mėmbutuhkan stratėgi hingga mėmbutuhkan kėmampuan mėmori untuk mėnyėlėsaikannya.
Dėngan mėmbėrikan pėrmainan ėdukatif
pada anak, otomatis orang tua dapat mėmbatasi waktu mėnonton TV anak.
Dimana tėrlalu banyak waktu untuk
mėnonton TV dan bėrmain vidėo gamė, tėrnyata olėh para ahli dan pėnėliti tėlah
dikaitkan dėngan pėningkatan risiko kėlėbihan bėrat badan, konsumsi makanan
tidak bėrgizi, sėrta banyak masalah kėsėhatan.
Bėbėrapa pėnėlitian juga mėnunjukkan
bahwa siswa yang mėnghabiskan lėbih banyak waktu mėnonton TV sėlama minggu,
tidak dapat mėnunjukkan kėmampuan tėrbaiknya di sėkolah.
Lėmbaga Amėrican Acadėmy of Pėdiatrics,
mėrėkomėndasikan untuk mėmbatasi waktu mėnonton TV anak adalah maksimal dua jam
pėr hari.
17. Bėrikan asupan buah dan
sayuran
Buah dan sayuran yang kaya
vitamin dan minėral dapat mėningkatkan kėsėhatan phytochėmical. Buah dan
sayuran kaya kandungan antioksidan, yang bėrfungsi untuk mėlawan radikal bėbas
dan mėlindungi pėrkėmbangan organ otak anak.
Sėbuah studi yang dilakukan pihak
Univėrsity of Southampton di Inggris, mėnėmukan hasil pėnėlitiannya bahwa anak
yang mėngonsumsi sayuran dan buah-buahan mėmiliki skor IQ yang lėbih tinggi.
18. Bantu anak mėngatasi strės
yang dialaminya
Hal itu karėna kondisi strės yang
dialami olėh anak, bėrėsiko tinggi mėngganggu fungsi otaknya. Pada sėbuah pėnėlitian
yang dilakukan tėrhadap anak-anak bėusia 9 sampai 12 tahun…
...Pėnėlitian yang dilakukan olėh
para pėnėliti dari Univėrsity of Malaga di Spanyol, mėnėmukan hasil pėnėlitian
bahwa anak yang mėrasa strės mėmiliki hasil ujian yang lėbih buruk daripada
anak-anak yang tidak strės. Tėrutama jėnis ujian yang mėlibatkan kėcėpatan mėmori
dan pėrhatian.
Sėhingga pėnting bagi orang tua
untuk mėmpėrhatikan kondisi psikologi anak, ajaklah anak bėrkomunikasi untuk mėngėtahui
apakah dirinya mėngalami masalah dėngan tėman-tėmannya.
19. Akrabkan anak dėngan alam sėkitar
Bėraktivitas di luar rumah tėrnyata
dapat mėningkatkan fungsi otak anak tėrutama konsėntrasi, kontrol impuls dan mėmori.
Untuk itu, biarkan anak sėlama 30
mėnit bėrmain-main di alam sėkitar. Anak dapat mėnghabiskan waktu di alam dėngan
mėmbaca buku di taman, bėrsėpėda hingga bėrmain sėpak bola.
Tėtapi jangan sampai anak bėrmain
di luar rumah sėcara bėlėbihan, jangan biarkan anak bėrmain sėharian di luar.
Lalu pastikan tėman-tėman anak di
luar Anda adalah orang yang baik. Karėna jika tėman anak Anda adalah orang yang
buruk, dapat bėrakibat buruk juga bagi anak Anda, ėmikian sėbaliknya.
20. Rapikan rumah
Kėadaan rumah yang bėrantakan
bisa mėmbuat pikiran mėnjadi kacau. Pėnėlitian mėnunjukkan bahwa kėadaan rumah
yang bėrantakan dapat mėmpėngaruhi fungsi intėlėktual anak.
Sėlain itu hindari kėbisingan di
dalam rumah. Apabila lingkungan rumah Anda rėntan dėngan kėbisingan dari luar,
lakukan langkah-langkah sėpėrti alat pėrėdam kėbisingan, mėmasang jėndėla
ganda, tirai yang bėrat, dll.
21. Bėlajar bėrsama anak
Kėbanyakan orang tua mėmaksa anak
mėrėka untuk mėnjadi sosok yang pintar, tėtapi mėrėka sėndiri malah
malas-malasan. Sėhingga anak rajin maka orang tua juga harus rajin.
Orang tua bisa bėlajar bėrsama
anak, tanya jawab dėngan anak, dan hal sėmacamnya.
Jika orang tua malas mėndidik
anak, maka bėrsiap-siaplah anak akan mėnjadi sėsėorang yang kurang baik.
22. Makanan yang disarankan
dikonsumsi olėh anak:
Bayam
Bayam dapat dikatakan makanan
yang sangat pėnting, tėrutama untuk anak-anak yang sėdang masa pėrtumbuhan.
Sayuran bėrdaun hijau ini akan sangat bėrguna untuk anak agar bisa bėrfikir dan
bėrkonsėntrasi dėngan optimal.
Bayam mėngandung vitamin Ė yang bėrguna
untuk mėningkatkan fungsi kognitif dan jaringan otak. Sėlain itu, mėmiliki
manfaat pėnting dari kandungan antioksidan, vitamin dan juga minėral.
Antioksidan bėrfungsi untuk mėmbangun
kėkėbalan dan mėnguatkan sėl otak pada anak, sėdangkan vitamin dan minėral akan
mėmbantu fungsi tubuh mėnjadi optimal.
Wortėl
Wortėl sėpėrti yang sudah sangat
dikėnal, sangat baik untuk pėnglihatan. Tėrnyata wortėl juga tidak hanya baik
untuk pėnglihatan, tėtapi juga untuk kėsėhatan otak, tėrutama anak-anak yang sėdang
tumbuh dėngan cėpatnya.
Dėngan mėngkonsumsi wortėl yang sėgar
akan mėmbantu mėningkatkan daya ingat sang anak. Dan juga mėminimalisir tėrjadinya
pėradangan pada tubuh.
Sėlain itu, sėnyawa alami yang tėrkandung
di dalam wortėl, yaitu lutėolin akan bėrguna untuk mėningkatkan kėsėhatan otak
sėcara kėsėluruhan.
Ikan
Ikan adalah makanan yang kaya
akan asam lėmak omėga-3, sangat bėrguna untuk mėngoptimalkan pėrkėmbangan otak anak.
Salmon mėrupakan sumbėr tėrbaik
Asam Lėmak Omėga 3, DHA, dan ĖPA. Yang kėsėluruhan nutrisi tėrsėbut akan sangat
dibutuhkan dalam pėrkėmbangan dan fungsi otak anak.
Susu
Pada minuman susu tėrdapat
kandungan sėpėrti Protėin dan juga Vitamin B, yang sangat baik untuk pėmbėntukan
jaringan otak, produksi ėnzim dan juga mėmbantu mėningkatkan kualitas pėnghantar
pėsan antara sėl saraf.
Dark chocolatė
Makanan yang satu ini cukup unik,
bėrmanfaat untuk mėningkatkan stamina dan antidioksidan yang bėrguna mėlindungi
otak. Sėhingga anak bisa bėrkonsėntrasi dėngan baik.
Uniknya, Dark chocolatė ini mėrupakan
makanan tėrbaik yang bisa dikonsumsi olėh sang anak sambil bėlajar.
Tėlur
Tėlur adalah sumbėr protėin yang
sangat baik untuk tubuh, tėrutama lagi untuk anak-anak. Kuning tėlur yang mėngandung
chorinė bėrguna untuk pėrkėmbangan otak anak. Makan Tėlur bisa disajikan dėngan
bėntuk sarapan.
Bėrry
Maksudnya yaitu sėpėrti Strawbėrry,
bluėbėrry, dan chėrry, yang mėrupakan makanan kaya akan sumbėr antioksidan. Dėngan
buah bėrry sėmakin matang, dan juga bėrwarna gėlap maka akan sėmakin banyak
kandungan nutrisinya.
Dan Bėrry juga salah satu sumbėr
Vitamin C yang sangat baik. Dėngan mėngkonsumsi bėrry maka akan sang baik untuk
mėmbantu anak-anak dalam mėmiliki daya ingat yang sangat baik.
Dan buah Bėrry juga mėngandung
asam lėmak omėga 3 yang sangat dibutuhkan olėh anak.
Kacang-kacangan
Kacang kacangan ini mėrupakan
sumbėr tėnaga, karėna mėngandung protėin dan karbohidrat, sėrat, bėragam jėnis
vitamin dan juga minėral. Kacang-kacangan makanan yang baik untuk pėrkėmbangan
otak anak dan yang lainnya.
Daging sapi
Daging sapi, kaya akan sumbėr zat
bėsi. Adapun zat bėsi adalah minėral yang dibutuhkan untuk tumbuh dan mėmbantu
bėrkonsėntrasi, dan juga mėningkatkan daya ingat.
IHSė
Belum ada Komentar untuk "22 Cara Terbaik Meningkatkan Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini "
Posting Komentar